Kamis, 22 November 2012

KONSEP JOKOWI UNTUK MENATA RATUSAN KAMPUNG DI JAKARTA

Bagikan Artikel Ini :
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo merencanakan untuk menata 350 kampung di Jakarta. Proses perbaikan kampung itu akan dilakukan secara bertahap mulai tahun depan dengan sepuluh konsep yang sudah ia persiapkan.

Jokowi mengatakan, untuk melakukan upgrade terhadap kampung-kampung kumuh itu, diperlukan dana sebesar Rp 30 miliar hingga Rp 50 miliar per kampung. Penataan kampung itu tidak hanya dilakukan dengan konsep kampung deret. Ia juga memiliki beberapa konsep lain untuk penataan kampung tersebut disesuaikan dengan dengan kekuatan lokal yang ada.

"Misalnya (desain) Kampung Protein di Tegalparang karena di lokasi tersebut banyak terdapat industri yang bergerak pada pembuatan tahu dan tempe," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Kamis (22/11/2012).

Kampung yang akan ditata itu akan dilengkapi dengan ruang terbuka hijau, perpustakaan, dan drainase yang baik. Jokowi mengatakan, desain-desain kampung itu dikerjakan oleh beberapa arsitek swasta dan dari perguruan tinggi negeri.



"Pembangunannya nanti kami akan pakai sistem partisipasi masyarakat, kami bentuk pokja (kelompok kerja). Ini agar sesuai dengan perencanaan dan desain yang ada," kata Jokowi.

Secara keseluruhan, ada sepuluh desain penataan kampung yang telah diwacanakan oleh Jokowi. Selain Kampung Protein, desain-desain kampung lain meliputi Kampung Stasiun di Bukit Duri; Kampung Herbal dan Kampung Platform di Manggarai, Jakarta Selatan; Kampung Shopping di Poncol, Jakarta Selatan; Kampung Ikan di Penjaringan, Jakarta Utara; Kampung Kampus di Tomang, Jakarta Barat; Kampung Backpacker di Kebon Sirih, Jakarta Pusat; Kampung Tekstil di Kebon Kacang, Tanah Abang; serta Kampung CBD di Karet.

Ada satu desain kampung yang proyeknya dibatalkan oleh Jokowi. "Kampung Kontainer di Jembatan Tiga, Jakarta Utara, batal karena bahaya karena lokasinya berada di bawah jembatan sehingga dikhawatirkan jika terjadi kebakaran," kata Jokowi. Jokowi mengatakan, sebetulnya masih ada konsep-konsep lain yang ingin dikembangkan, tapi ia masih merahasiakannya.

Untuk mencicil pembaruan kampung ini, Jokowi menargetkan akan menata 100 kampung setiap tahun. Sayangnya, Jokowi masih enggan memberikan paparan detail maupun salinan desain kampung yang disusun menjadi buku-buku eksklusif tersebut kepada media. Konsep-konsep itu masih perlu mendapatkan persetujuan dari DPRD DKI Jakarta.

"Kalau saya sih maunya 100, tetapi Dewan ya enggak tahu. Kira-kira total sebanyak 350-an kampung yang perlu kita upgrade," kata Jokowi.

Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah