Menurut hasil studi tersebut, penilaian rata-rata yang diberikan para wisatawan atas fasilitas akomodasi di Indonesia secara konsisten melebihi rata-rata dunia, dengan skor 4,15 dari skala 5.
Hebatnya lagi, angka ini di atas rata-rata dunia yang memiliki skor 4,01. Akomodasi di Indonesia juga secara konsisten mendapatkan skor tinggi dalam hal kebersihan, pelayanan dan kualitas tidur.
"Dalam sepuluh tahun terakhir terjadi peningkatan tajam dalam jumlah wisatawan yang menuliskan review tentang tempat mereka menginap. Hal ini menunjukkan bahwa informasi yang kini banyak tersedia tidak hanya memberikan keuntungan bagi para wisatawan lain, tapi juga bagi industri," kata Christine Petersen, president TripAdvisor for Business dalam publikasinya, Jumat (19/10).
Dalam studi ini, lanjut Christine, TripAdvisor juga meneliti perbedaan dalam rata-rata penilaian dari wisatawan untuk hotel-hotel di Indonesia dibandingkan dengan B&B (hotel kecil yang hanya menyediakan fasilitas tempat tidur dan sarapan).
Hasilnya, B&B memiliki pelayanan yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan hotel dengan penilaian rata-rata 4,13 untuk B&B dan 4,10 untuk hotel.
"Pemilik hotel dan B&B nampaknya memperhatikan dengan seksama masukan yang mereka terima dan memanfaatkannya untuk meningkatkan pelayanan mereka," pungkas dia.