Kamis, 03 Januari 2013

WARREN BUFFETT ORANG TERKAYA DI DUNIA MEMBELI PLTS TERBESAR DI DUNIA

Bagikan Artikel Ini :
Salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffett, lewat anak perusahaan MidAmerican Energy Holding, mencapai kesepakatan pembelian saham Sun Power yang dikabarkan bernilai US$2 miliar hingga US$ 2,5 miliar.

Sun Power diketahui tengah membangun dua proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terbesar yang pernah dibangun di dunia. Proyek ini berlokasi di Antelope Valley, California.

Proyek ini rencananya akan mulai dibangun beberapa bulan mendatang dan selesai pada akhir 2015.

Seperti dikutip laman Telegraph, Kamis, (3/1/2013), aksi pembelian ini merupakan ketiga kalinya bagi Buffet yang memutuskan investasi di sektor energi matahari.

"Konsumen, investor, dan bank melihat ini sebagai sebuah cap persetujuan bagi Sun Power," kata Presiden dan CEO Sun Power, Tom Werner.

"Ini merupakan kesepakatan terbesar bagi kami, melihat ukuran dari perusahaan kami."

Sun Power merupakan perusahaan yang saham mayoritasnya dimiliki Total, perusahaan minyak asal Prancis. Bermarkas di San Jose, California, nilai pasar Sun Power mencapai US$ 732 juta.

Proyek PLTS direncanakan menghasilkan 579 megawatt (MW), atau yang terbesar di dunia.

Sebelumnya, MidAmerican juga diketahui telah mengakuisi pembangkit listrik lain berkapasitas 550 MW milik First Solar senilai US$ 2 miliar.

Tak lama berselang, anak perusahaan Berkshire Hathaway Inc ini mengambil alih 49% saham dari sebuah proyek di Arizona senilai US$ 1,8 miliar.

Secara general, Mid American telah memiliki pembangkit listrik dengan kapasitas lebih dari 1.830 MW termasuk proyek pembangkit listrik tenaga angin, geothermal, dan air.
Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah