Sabtu, 05 Januari 2013

DEEP TUNNEL JAKARTA AKAN LEBIH MAJU DARI MALAYSIA

Bagikan Artikel Ini :
Program deep tunnel atau terowongan bawah tanah multifungsi, banyak digunakan negara-negara untuk mengatasi banjir, termasuk Malaysia.

Namun dalam perkembangannya, deep tunnel Malaysia terbukti tidak efektif mengatasi banjir ketika hujan lebat mengguyur negeri jiran itu.

Tidak ingin seperti Malaysia, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proyek deep tunnel yang diagendakan pengerjaannya akhir Januari nanti, berbeda dengan Malaysia. Jokowi menyebut proyeknya jauh lebih maju ketimbang Malaysia.

"Ada tambahannya, kalau di sana kan hanya untuk banjir dan tol. Kalau di sini ditambah untuk utilitas yang lain, kabel telpon bisa masuk," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Jumat (4/1).

Namun, tambahan sarana di deep tunnel itu dipastikan tidak gratis. Jokowi berencana mengkomersilkan kelebihan deep tunnel, untuk ditawarkan pada para investor.

"Tapi sewa, mungkin listrik bisa masuk, sewa. Terus untuk air PDAM itu, pipa itu bisa masuk ke sana, kemudian air limbah bisa masuk ke sana," lanjutnya.

menurut Jokowi, mengatasi banjir di Jakarta ibarat berkejar-kejaran dengan waktu. Dari 78 titik rawan banjir yang tersebar di Jakarta saat ini, diprediksi tiap tahunnya akan bertambah.

Untuk itu, banjir tidak bisa hanya diatasi dengan mengandalkan pengerukan sungai atau penataan kampung di bantaran sungai. Butuh banyak strategi untuk mengatasi persoalan menahun warga Jakarta ini.

Dia menyebut penyebab banjir di Jakarta lantaran kurangnya daerah resapan air. Ditambah lagi kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan.

"Kalau diam saja, nanti tahun depan pasti tambah tiga atau berapa lagi. Nah, kita kejar-kejaran dengan itu. Yang lain dulu tidak pernah ada banjir, sekarang banjir," terangnya.
Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah