Selasa, 04 Desember 2012

UNESCO MENGAKUI TAS ANYAMAN PAPUA SEBAGAI WARISAN BUDAYA DUNIA

Bagikan Artikel Ini :
Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurus pendidikan dan kebudayaan (Unesco) mengakui Noken tas kerajinan anyaman tradisional khas Papua sebagai warisan budaya dunia tak benda. Hal itu terungkap di depan sidang Unesco di Paris Perancis, Selasa (4/12/12).

Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Komunikasi dan Media, Sukemi membenarkan itu melalui pesan singkat kepada “PRLM” , Selasa (4/12/12) malam.

Kerajinan tangan noken yang merupakan khas masyarakat Papua ini diajukan dalam daftar yang Membutuhkan Perlindungan Mendesak (The List of Intangible Heritage in Need of Urgent Safeguarding).

Sebelumnya, beberapa hari lalu, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti menuturkan, setiap tahun pihaknya berusaha untuk menjadikan minimal satu budaya menjadi warisan budaya dunia.

Wiendu mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut mendukung usaha pemerintah dalam mengangkat budaya Indonesia ke kancah internasional.

Dia mengatakan, bangsa Indonesia memiliki beragam kekayaan budaya dan tradisi yang jika diolah dengan baik dan benar akan bisa melahirkan kekuatan dan karakter bangsa yang kuat. “Sudah sepantasnya kita menanamkan nilai-nilai tradisi budaya, hingga bisa membentuk karakter Indonesia yang tangguh,” ujarnya.
Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah