Selasa, 18 Desember 2012

PENYEBAB KECELAKAAN PESAWAT SUKHOI SUPERJET 100 KARENA PILOT

Bagikan Artikel Ini :
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkap sejumlah temuan terkait musibah Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, 9 Mei lalu. Cuaca dan faktor kesalahan manusia mendominasi. Pesawat SSJ-100 bersih dari kesalahan.

KNKT menemukan, pesawat berada di ketinggian 800 kaki, mirip posisi landing, dengan keadaan belum membuka roda untuk mendarat dan melesat ke arah selatan, keluar dari jalur orbit.

"Bayangkan saat itu ada di atas gunung dengan kondisi langit yang tebal," kata Pimpinan Tim Investigasi In Charge (IIC) Marjono Siwosuwarno di Aula KNKT, gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (18/12/2012).

Sementara itu, Ketua KNKT Tatang Kurniadi bahwa selain faktor cuaca, faktor manusia juga menjadi penyebab kecelakaan yang menewaskan 45 orang tersebut. "Selain itu, pilot juga kurang berkonsentrasi, sehingga terlambat 24 detik dalam menentukan keputusan, meski telah ada peringatan dari Terrain Awarenes Warning System (TAWS)," ujarnya.

Tatang menambahkan, hasil investigasi ini disampaikan ke publik sebagai bentuk keterbukaan. Ia menegaskan, hasil investigasi ini bukan merupakan tuntutan, dan semuanya telah dilakukan sesuai azas yang berlaku di seluruh dunia.

"Nanti kami unggah ke internet bersamaan pada saat pihak Rusia mengunduhnya tiga jam setelah informasi ini diberikan," kata Tatang.

Sukhoi nahas dipiloti Alexandr Yablontsev, seorang veteran angkatan udara berusia 57 tahun. Rekan-rekannya menyebut dia sebagai pilot kelas atas. Dia memiliki lebih dari 10 ribu jam terbang, di lebih dari 80 tipe pesawat terbang.

Dan saat Superjet melakukan penerbangan perdananya pada Mei 2008 lalu, Yablontsev duduk di kokpitnya. Siapa sangka, riwayat sang pilot berakhir di Gunung Salak.
Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah