Kamis, 18 Oktober 2012

TETAP HEMAT WALAUPUN SAAT BERLIBUR

Bagikan Artikel Ini :
Seperti apa liburan favorit Anda dan keluarga, jawabannya pasti beragam.

Namun, jawaban tersebut biasanya disesuaikan dengan pertimbangan budget dan waktu.

Jika memang memiliki budget dan waktu yang cukup, maka road trip, berkemah, menginap di cottage sambil menikmati laut, hingga belanja bersama ke luar negeri bisa menjadi pilihan.

Lalu, seperti apa sebenarnya liburan itu sebaiknya? Matt Nixon, penulis buku The Great American Staycation: How to Make a Vacation at Home Fun for the Whole Family (and Your Wallet!) sendiri berpendapat, bahwa bila memang tidak memungkinkan, maka Anda bisa menjalankan liburan di rumah atau dalam kota dengan cara menyenangkan. Karena itu, Matt coba memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan:

1. Katakan “TIDAK” pada kerja
Sebelum Anda cuti untuk berlibur, bersihkan semua ruangan rumah, mulai dari kamar tidur hingga garasi. Lalu, untuk menghindari datangnya email atau telepon pekerjaan dari kantor, tulisah email out-of-office agar klien dan kolega tahu bahwa anda sedang cuti.

Terakhir, jangan lupa untuk menulis kata “LIBURAN” pada tanggal-tanggal yang tertera pada kelender di meja kantor dan rumah agar pekerjaan tidak terlintas sedikit pun dipikiran Anda. Dengan begitu, liburan pun dapat dinikmati dengan sepenuh hati.

2. Mencari hiburan baru
Mungkin Anda dan keluarga sudah memiliki tempat-tempat favorit yang biasa dikunjungi saat waktu senggang. Seperti restoran, kafe, atau juga tempat piknik favorit anak-anak seperti taman bermain.

Nah, saat merencanakan liburan, coba kesampingkan sebentar tempat-tempat tersebut, dan menggantinya dengan tempat-tempat baru.

Tanyalah pada teman, saudara, atau tetangga mengenai tempat atau acara apa yang sedang happeningdi kota? Cek juga media seperti koran hingga twitter karena banyak orang akan merekomendasikan acara-acara seru. Urbanesia mungkin bisa menjadi salah satu sumber bagi.

3. Berhematlah

Walaupun tujuan untuk berlibur di dalam kota adalah untuk menghemat uang, tetapi bukan berarti Anda jadi sulit untuk mengeluarkan uang demi kesenangan, seperti candle light dinner di restoran mewah atau perawatan spa.

Anda tetap bisa menikmati dua hal tersebut dengan hemat kok, Bright Friends. Caranya, belilah voucher diskon yang ditawarkan banyak website-website, atau gunakanlah point rewards dari kartu keanggotaan pusat perbelanjaan atau kartu kredit.

Jika Anda tertarik, promo-promo diskon dari restoran atau tempat spa murah seperti itu bisa Anda lihat di Livingsocial atau Adadiskon.

4. Membuat album kenangan
Jangan lupa membawa kamera dan abadikan kesenangan Anda dan keluarga selama liburan. Setelah itu, cetaklah foto-foto tersebut dan buatlah scrapbook atau album foto bertema liburan. Anak-anak pasti akan menyukai kegiatan menempel dan membuat prakarya. Anda sekeluarga pun bisa mengenang kembali liburan menyenangkan kemarin.

Last but not least, jika tetangga atau teman bertanya tentang bagaimana liburan kemarin, Anda tinggal menceritakannya lewat album atau scrapbook tersebut bukan?


JANGAN LUPA DI LIKE FAN PAGE FACEBOOK DAN FOLLOW TWITTER KAMI

Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah