Sabtu, 15 Desember 2012

TIPS MENGHEMAT BIAYA SAAT LIBURAN

Bagikan Artikel Ini :
Beragam hal kecil sering luput dari perhatian saat liburan, yang menyebabkan Anda malah harus mengeluarkan uang untuk hal tersebut.

Mungkin Anda tidak sadar namun hal-hal inilah yang membuat pengeluaran liburan bisa membengkak. Ditengok dari Reader Digest, Selasa (4/12/2012) inilah 6 tips menghindari pengeluaran tak terduga:

1. Siapkan paket servis ponsel

Mengaktifkan paket servis ponsel saat akan liburan ke luar negeri adalah sesuatu yang terbilang penting. Masalahnya, jika Anda lupa, bisa-bisa pulsa tersedot dan tanpa disadari pulsa sudah habis. Yang lebih bahaya, jika servis Anda adalah pasca bayar, dijamin pusing saat membayarnya nanti.

Untuk itu, siapkan paket servis untuk liburan ke luar negeri. Beberapa provider memiliki jangkauan layanan hingga ke negara-negara tetangga. Namun jika paket servis tersebut dirasa cukup mahal, Anda juga bisa membeli kartu baru untuk digunakan selama berada di luar negeri.

2. Jangan sampai kehilangan paspor

Selain tidak bisa pulang ke negara asal, kehilangan paspor juga akan membuat pengeluaran Anda membengkak. Belum lagi kerepotan yang harus dilalui untuk membuat paspor baru.

Untuk itu, pastikan selalu membawa serta paspor ke mana pun Anda pergi. Jangan lupa juga untuk membawa fotokopi paspor dan menyimpannya di setiap tas Anda. Tujuannya, jika paspor hilang, Anda masih punya fotokopinya. Ini tentu akan memudahkan proses pembuatan kembali paspor Anda.

3. Tinggal barang-barang tidak berguna

Sudah jadi hal yang biasa jika Anda membawa lebih banyak barang saat pulang traveling. Ini bisa berasal dari oleh-oleh untuk teman dan keluarga atau memang Anda terlalu banyak belanja.

Hindari belanja berlebihan agar bagasi Anda tidak overload sehingga tak perlu membayar kelebihan berat bagasi. Perhatikan juga untuk tidak membawa atau membeli barang-barang yang terlalu berat dan memakan tempat. Semakin ringkas, semakin hemat pengeluaran tak terduga Anda.

4. Jangan mengubah rencana liburan

Rencana liburan boleh jadi sudah matang dari jauh-jauh hari. Namun ada saja kegiatan atau acara yang berlangsung bertepatan saat tanggal pilihan liburan. Satu-satunya cara adalah menjadwal ulang liburan dan mau tak mau, mengeluarkan uang ekstra untuk menjadwal ulang semua itu.

Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Pastikan semua kegiatan dan acara penting tidak berlangsung saat Anda liburan. Tanyakan kepada orang terdekat apakah berencana untuk mengadakan acara pada tanggal pilihan Anda.

5. Usahakan sudah memesan kamar hotel atau penginapan

Meski liburan gaya backpack, memesan penginapan menjadi suatu hal yang penting. Apa jadinya jika Anda sudah sampai ke kota pilihan liburan dan ternyata semua penginapan murah sudah penuh. Mau tak mau Anda harus mencari hotel dengan bujet yang tidak semurah yang diperkirakan.

Jangan sampai Anda menghabiskan uang untuk menginap di kamar yang terlalu mewah dan malah menghabiskan bujet liburan. Usahakan untuk memesan penginapan beberapa hari sebelum keberangkatan. Kini, hampir semua penginapan, baik yang ekonomis maupun mewah sudah bisa dibooking via internet atau telepon.

6. Cari tahu jadwal transportasi

Memiliki rencana yang matang bisa membuat Anda lebih hemat. Mengetahui jadwal kedatangan transportasi umum, terutama saat di luar negeri, bisa menekan biaya pengeluaran Anda.

Bayangkan jika Anda tak tahu jadwal dan rute kereta, MRT, atau bus dan malah menggunakan taksi untuk menuju destinasi pilihan Anda. Di beberapa tempat, biaya naik taksi bisa sangat mahal yang mungkin akan membuat dompet Anda menjerit. Hindari hal itu dengan cara mencari tahu jadwal dan rute semua alat transportasi umum di sana.
Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah