Kamis, 15 November 2012

MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN ARTHUR IRAWAN

Bagikan Artikel Ini :
Arthur Irawan (kanan atas) bersama tim RCD Espanyol B
Sosok Arthur Irawan kini mendapat sorotan paling tajam di skuat Timnas Indonesia yang dipersiapkan ke Piala AFF 2012.

Dengan statusnya sebagai pemain klub Spanyol, sosok Arthur tak pelak menjadi buruan para jurnalis.

Berikut beberapa petikan wawancara dari  Tribunnews.com dan Yahoo Indonesia.

Bagaimana awal ketertarikan Anda dengan sepakbola dan kemudian memutuskan menjadi pesepakbola profesional?
Olahraga pertama yang saya kenal itu basket. Saya kenal dan suka bermain bola sejak usia tujuh tahun. Awalnya orangtua saya melarang untuk menjadi seorang pesepakbola, tapi saya meyakinkan mereka saya bisa memberikan yang terbaik dan membawa nama keluarga melalui sepakbola.

Anda pernah meniti karier di sepakbola Eropa, coba diceritakan?

Sewaktu bersekolah di Inggris, saya sempat bermain dan melakukan trial di beberapa klub. Mulai dari Preston North End, Lytham City, hingga trial selama beberapa bulan bersama Manchester United. Saya tidak masuk seleksi untuk akademi Manchester United. Kemudian saya bermain di Preston Noth End, sampai Lytham City. Lytham itu klub amatir jadi tidak ada tindak lanjutnya. Selain itu, hambatannya saya berasal dari Indonesia, agak sulit ternyata pemain Indonesia untuk diterima di sana.



Terus bagaimana Anda bisa pindah ke Spanyol?
Sewaktu di Inggris saat Latihan bermain, ada seorang agen pemain yang melihat saya. Kemudian dia bilang kalau tipe bermain saya lebih cocok di Spanyol. Akhirnya saya pun mengikuti sarannya. Sempat melakukan trial di beberapa tim, akhirnya saya di Espanyol.

Selama di Espanyol, apakah pernah kangen sama Indonesia?
Sewaktu berada di klub Espanyol, saya selalu kangen sama Indonesia. Kedatangan saya kali ini ke Indonesia adalah pertama kali sejak dua tahun terakhir.

Siapa pemain idola Anda?

Saya senang dengan Michael Owen, dia pesepakbola yang dapat menjadi contoh bagi pesepakbola yang lain. Dia seorang yang profesional baik di dalam maupun di luar lapangan.

Kalau tidak bermain sepakbola kegiatan apa yang dilakukan?

Di Espanyol saya lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman-teman, sebab setiap harinya kami dituntut untuk berlatih dua kali. Kami menghabiskan waktu dengan nonton film dan berbincang-bincang mengenai sepakbola.

Anda pernah mengikuti pemusatan latihan Timnas U-23, tetap batal bergabung. Apa penyebabnya?

Saya dulu pernah dipanggil skuad U-23 waktu mau SEA Games. Namun ketika itu masih sekolah dan itu jadi sebuah hambatan bagiku. Sekarang sekolah sudah selesai dan bisa berkonsentrasi di timnas.

Saat ini Anda mengikuti pemusatan Timnas AFF 2012, bagaimana perasaan Anda?

Saya datang ke sini untuk memenuhi impian saya, membela Indonesia. Membela timnas adalah mimpi saya sejak lama, karena itu saya akan memaksimalkan kesempatan yang datang kepada saya ini.

Apakah klub Anda mengizinkan?
Manajer dan klub sudah saya sampaikan bahwa saya dipanggil untuk membela timnas.

Saya kemudian diberikan izin sampai 22 Desember, saya kembali lagi ke klub pada 2 Januari. Sebagai konsekuensinya, setiap hari saya harus melaporkan program latihan dan menu makanan yang disediakan bersama timnas kepada tim pelatih di sana (Espanyol). Jadi klub terus tahu perkembangan saya di sini.

Peluang Indonesia di AFF 2012?
Saya yakin Indonesia bisa berbicara di AFF 2012, karena di timnas saat ini diisi oleh pemain-pemain yang memiliki talenta-talenta berbakat. Sementara sebagian sisanya para pemain berpengalaman.

Apa yang Anda lakukan ke depan jika tidak menjadi pesepakbola?

Saya ingin kembali melanjutkan pendidikan, kemudian kalau bisa menjadi pelatih di klub ataupun negara.

Paspor masih Indonesia kan? Tidak ada kemungkinan memperkuat negara lain kan?
Masih (Arthur tertawa)

Buat para pemain muda Indonesia yang berusaha masuk akademi atau menembus tim Eropa, ada kiatnya tidak? Kira-kira bisakah pemain Indonesia menembus tim Eropa?

Saya sih bilang, kalau saya bisa kenapa mereka tidak bisa? Mereka berbakat, tinggal masalah kerja keras. Percaya sama Tuhan. Pasti bisa. Bekerja keras, tentunya, dan doa banyak-banyak. 

Tertarik tidak kalau suatu ketika bermain di Liga Indonesia, di saat kondisinya seperti sekarang ini?
Sekarang saya fokusnya di Espanyol. Tapi mungkin suatu saat main di Indonesia. Mungkin saja. Tapi sekarang saya fokus di Espanyol.

Mengikuti perkembangan timnas kita di SEA Games maupun timnas senior?
Saya kemarin lihat timnas senior di televisi. Iran memang kelas tinggi. Mereka punya Javad Nekounam , pemain Osasuna.

Indonesia saya bilang lumayan. Ada momen bagus, seperti saat Bambang (Pamungkas) mencetak gol. Kalau timnas U-23 (di SEA Games) bermain bagus. Selalu menang, kebobolan satu gol. Saya lihat ada potensi. Juara? Kenapa tidak? Mereka selalu menang. Pasti bisa kalau mereka main seperti sekarang.

Kembali ke karier pribadi Arthur. Standar Liga Spanyol kan tinggi, salah satu yang tertinggi di dunia. Apa usahamu agar bisa menembus tim utama Espanyol?

Pasti, harus kerja lebih keras lagi. Mainnya bagus. Tapi itu kemungkinannya bagus. Saya sangat optimis bisa main bersama tim utama. Dalam 4 tahun ini, harapan saya main buat tim utama Espanyol dan mewakili timnas Indonesia kalau dipanggil.

Kami mengambil feedback dari Koprol. Ada pertanyaan dari pengguna. Salah satu yang ditanyakan adalah, apakah kamu sudah punya pacar?
(Arthur tertawa) Itu masalah pribadi. Memilih tidak menjawab.

BIODATA Arthur Irawan
Tanggal lahir : 3 Maret 1993 (umur 19)
Tempat lahir : Surabaya, Indonesia
Tinggi : 1.75 m (5 ft 9 in)
Posisi bermain: Bek kanan
Karier senior: 2011 - RCD Espanyol B - Main (16) Gol (2)    
Tim nasional: 2012 - Indonesia - Main (1) Gol (0)

sumber: rcdespanyol.com,wikipedia.org, Tribunnews.com, yahoo.com


Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah