Rabu, 21 November 2012

INSPIRASI DETEKTOR KANKER DIDAPAT DARI UBUR-UBUR

Bagikan Artikel Ini :
Para peneliti mengatakan telah memperoleh inspirasi dari cara kerja tentakel ubur-ubur untuk cara mendeteksi kanker, mikroba serta virus.

Dilansir dari Live Science, Rabu (21/11/2012), sebuah peralatan yang dihasilkan oleh para peneliti itu dapat membantu orang agar mampu mendeteksi penyakit berbahaya secara cepat dan sensitif. Bentuknya berupa microchip dan diselimuti oleh beberapa benang DNA yang bisa menangkap protein.

"Alam telah mengatasi penghalang yang paling menantang. Evolusi benar-benar pemecahan terbaik untuk masalah dan ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari alam," ujar teknisi biologi, Jeffrey Karp.

Untuk menguji peralatan mereka, Karp bersama rekan-rekannya menciptakan sebuah untaian panjang DNA dengan aptamer yang akan terikat pada protein yang menyelimuti permukaan sel kanker manusia.



Melalui uji coba, sebuah sampel darah yang mengandung sel leukimia dialirkan ke alat yang telah dilengkapi tentakel DNA itu. Hasilnya, tentakel tersebut dengan efisien menangkap sekira 80 persen sel-sel itu.

"Chip yang telah kami kembangkan memiliki sensitivitas tinggi. Mulai dari sejumlah kecil darah, chip tersebut dapat mendeteksi serta menangkap populasi kecil sel kanker yang bertanggung jawab atas kambuhnya penyakit itu," terang peneliti yang pernah berada di laboratorium Karp, Weian Zhao.

Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah