Rabu, 17 Oktober 2012

PENYEBAB MUNCULNYA BANYAK SELULIT DI BAGIAN TUBUH

Bagikan Artikel Ini :
Stretch mark paling sering dialami oleh wanita, apalagi setelah melahirkan.

Hampir 90 persen wanita pasca melahirkan bagian tubuh tertentu timbul guratan-guratan putih.

Apa yang menyebabkan stretch mark terjadi? Berikut paparannya dari dr. Amaranila Lalita, Sp. KK, dermatologist & venerologist,

“Perubahan berat badan yang fluktuatif, dapat menyebabkan peregangan yang berlebihan untuk jangka waktu lama.

Selain itu, terjadinya perubahan hormon pada masa kehamilan juga dapat memicu timbulnya selulit,” jelas dr. Amaranila Lalita, Sp. KK, dermatologist & venerologist, saat peluncuran produk kecantikan kulit, selasa (16/10/2012) di Hotel Gran Mahakam, Jakarta.

Orang-orang yang terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori dan kurang bergerak juga memicu timbulnya selulit. Makanan tinggi kalori itu diubah oleh tubuh menjadi subtrat hormon, sehingga menjadi kelebihan hormon.

Selain itu, rokok dan alkohol juga menjadi penyumbang timbulnya selulit. Dr. Amaranila juga mengungkapkan penyebab lainnya, yakni orang yang suka memakai baju ketat dapat menimbulkannya.

"Pakaian yang terlalu ketat dapat membuat kulit menjadi trauma, apalagi ketika kulit kering," ungkap dr. Amaranila.

Umumnya selulit muncul di beberapa bagian tubuh, terutama pada perut, payudara, lengan atas, paha dan bokong. Ciri-ciri yang terlihat adalah berupa garis-garis tipis pada kulit dengan panjang dan lebar yang bervariasi, berwarna garis coklat kemerahan atau coklat gelap, dan seiring berjalannya waktu berubah menjadi memutih atau putih kemerahan.

Cara menyamarkannya dapat dilakukan menggunakan dua cara, langsung dan tidak langsung. Olah raga adalah salah satu cara menyamarkannya secara tidak langsung. "Olah raga membawa aliran darah menjadi lebih baik, dan membawa zat-zat oksigen yg lebih baik, kolagen terbentuk kalau ada zat-zat gizi yang mendukung,” papar dr. Amaranila.

Sementara, cara langsungnya adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung banyak karbohidrat, mengubah gaya hidup seperti tidak merokok dan minum alkohol, berolahraga dan menyeimbangkan hidup dengan pola makan sehat.

Jika selulit sudah terlanjur timbul pada kulit tubuh Anda, manfaatkan krim yang dapat menyamarkannya. “Krim yang baik bukanlah yang hanya melembabkan kulit, tetapi ada kandungan yang dapat menstimuli tumbuhnya kolagen. Gunakan krim tersebut 2 kali dalam sehari, dan pakailah setelah mandi.” Saran dr. Amaranila.


JANGAN LUPA DI LIKE FAN PAGE FACEBOOK DAN FOLLOW TWITTER KAMI

Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah