Senin, 19 November 2012

RIBUAN POLISI KAWAL DEMO BURUH DI SURABAYA

Bagikan Artikel Ini :
Aksi ribuan buruh dari Mojokerto, Pasuruan, dan Sidoarjo yang menguasai Kota Surabaya, Jawa Timur dikawal ketat polisi. Polrestabes Surabaya menerjunkan 1.000 personelnya untuk mengawal aksi buruh tersebut.

Menurut Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya, Kompol Suparti ribuan personil dari kepolisian ini bertujuan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kerusuhan.

"Sedikitnya kami turunkan 1.000 personel polisi dari berbagai satuan. Kami juga menggunakan sistem pengamanan terbuka dan tertutup," kata Suparti, Senin (19/11) siang.

Selain itu, aparat kepolisian yang diturunkan itu, juga dilengkapi dengan senjata laras panjang dan gas air mata. "Dalam hal ini, kami menurunkan pasukan Brimob dengan persenjataan lengkap dan mengendarai motor."



Sementara di halaman Gedung Negara Grahadi, yang menjadi titik sasaran para pengunjuk rasa, juga terlihat mobil water cannon. Kawat berduri pun dipasang di dua lokasi kantor pemerintahan Gedung Grahadi dan Kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan yang juga menjadi sasaran para pengunjuk rasa.

"Kekuatan total 1.022 personel (Kantor Gubernur, Grahadi, Taman Bungkul, Kebun Binatang Surabaya, dan Tenggilis). Belum termasuk kekuatan polsek yang berada di titik kumpul, yaitu daerah Tenggilis, Sukomanunggal, Tandes, dan Karangpilang," urai Suparti.

Sementara itu, sekitar pukul 14.00 WIB, massa buruh yang telah berkumpul di depan Gedung Negara Grahadi, terus melakukan orasinya secara bergantian. Mereka menuntut Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) sebesar Rp 2,2 juta.

"Kita minta Gubernur Jawa Timur, Soekarwo memenuhi permintaan buruh. Yaitu menaikkan UMK 2013, sebesar Rp 2,2 juta," teriak Dandy, salah satu orator.

Massa aksi juga minta Gubernur Jatim Soekarwo menemui mereka untuk diajak menyetujui usulan buruh atas UMK Jatim 2013 tersebut. "Kita minta Bapak Gubernur yang kita hormati untuk turun ke jalan menemui kami," teriak massa buruh dengan serentak.

Dalam aksinya, massa buruh tak lupa mengusung berbagai atribut elemen mereka. Sedikitnya 50 ribu massa aksi yang diangkut lima truk, 30 bus dan mengendarai motor memadati jalan utama Kota Surabaya. Mereka juga menutup jalanan di Kota Pahlawan. massa buruh dipakai menutup akses di Jalan Pahlawan. Imbas dari aksi ini Surabaya, macet total.

Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah