Rabu, 14 November 2012

ADU SKILL MEKANIK MUDA SE ASEAN DIBUKA HATTA RADJASA

Bagikan Artikel Ini :
Kompetisi adu ketangkasan mekanik menjadi salah satu rangkaian 9th ASEAN Skills Competition (ASC).

Ajang ini rencananya akan dibuka Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Rabu (14/11/2012) malam.

Sebanyak 252 peserta kompetisi dari sembilan negara ASEAN (Myanmar tidak berpartisipasi) telah tiba di Jakarta.

Pemuda-pemuda tersebut akan mengadu ketrampilan di 22 kejuruan atau bidang keahlian yang dikompetisikan, plus satu kejuruan eksebisi.

“ASC mesti diposisikan sebagai variabel evaluasi dari serangkaian proses pelatihan yang dilakukan dalam kerangka pengembangan sumber daya manusia,” kata Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemenakertrans, Abdul Wahab Bangkona, dalam siaran persnya.



Abdul Wahab mengatakan, ASC sejauh ini terbukti mampu menjadi wahana untuk menyatukan seluruh pengampu kepentingan (stakeholders) yang berhubungan dengan ketenagakerjaan. Mulai dari industri, pekerja hingga kerja sama antar-instansi Pemerintah.

Seluruh ruangan di JCC pun telah dirancang menjadi arena kompetisi kelas dunia. Mulai dari yang kompetisi mekanik automotif, mengelas, hingga pemipaan.

ASC adalah kegiatan kompetisi ketrampilan kerja yang rutin digelar dua tahun sekali. Pesertanya adalah pemuda-pemudi ASEAN berusia maksimal 22 tahun yang telah lolos seleksi, sehingga dinilai memiliki standar keahlian di bidang kejuruan tertentu.

“Kompetitor dari Indonesia ditetapkan melalui serangkaian proses seleksi, mulai dari kompetisi skill antar-sekolah hingga tingkat nasional, sebelum terpilih dan bergabung di pemusatan latihan,” jelas Wahab.

Materi uji yang digunakan di ASC adalah yang dipakai pada ajang World Skills Competition, namun telah diadopsi sesuai dengan kesepakatan panel juri tiap kejuruan. Berbeda dengan kompetisi yang lain, peserta kompetisi tidak beradu ketrampilan dengan peserta dari negara lain. Melainkan, melawan standar yang telah ditentukan.

Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah