Minggu, 14 Oktober 2012

CARA MENGATASI ANAK YANG SUKA MERENGEK

Bagikan Artikel Ini :
Rengekan si kecil memang dikeluhkan para ibu. Nah, sebenarnya kenapa si kecil merengek? Anak merengek ialah cara yang paling sederhana untuk mendapat perhatian.

“Mereka biasanya merengek untuk mendapat perhatian dari orang tua,” kata dokter anak Laurel Schultz.

Rengekan apalagi bila dilakukan dengan nada yang tinggi, mau tak mau akan menarik perhatian orang tua. “Orang tua pasti akan datang bila mendengar buah hatinya merengek. Pasti dia akan tergopoh-gopoh mendatanginya,”  kata Shcultz.

Schultz menyebutkan bahwa sebenarnya cara ini bukanlah strategi yang sengaja dilakukan si kecil untuk menarik perhatian. Namun, anak mempelajarinya, tentu saja dari tingkah laku orang tuanya itu sendiri.

Misalnya, bila anak meminta dengan cara yang baik dan sopan, kadang orang tua tidak akan memberinya. Malah terkadang tak ada respons sama sekali. Itulah yang lantas membuat anak mulai meninggikan volume permintaan menjadi sebuah rengekan.

Lantas, bagaimana menghindari anak merengek?

“Sebaiknya para orang tua jangan menunggu anak frustrasi saat dia menginginkan sesuatu,“ saran Schultz. Sebisa  mungkin orang tua cepat merespons permintaan anak untuk pertama kalinya. Bila si kecil meminta sesuatu, sementara Anda sedang sibuk, tetaplah respons dengan cara melakukan kontak mata, mengangguk, atau menggeleng. Setelah itu, jangan tunda lagi,responslah apa keinginan anak.
 
Lalu, bagaimana jika anak sudah terlanjur merengek? Apa yang harus Anda lakukan?


“Tarik napas dalam-dalam dan selalu ingat bahwa si kecil bukan ingin membuat Anda jengkel. Dia hanya sedang butuh bantuan,” kata pendidik dan psikolog perkembangan anak Becky Bailey PhD. Sesudah respons dengan tindakan yang bijaksana, katakan kepada si kecil bahwa “jangan merengek seperti itu ya”. Lalu,lanjutkan memberi contoh tentang apa yang sebaiknya dia lakukan. “Bila ingin meminta susu,sebaiknya adek minta baik-baik ya. Pasti mama akan beri kok”.

Namun, bila dengan cara ini,anak tetap merengek, sebaiknya dipastikan apakah anak sedang sakit atau tidak. Bailey mengatakan, agar orang tua lebih peka membaca pesan yang disampaikan anak melalui rengekan tersebut. Tanyakan kepada diri Anda, apakah selama ini terlalu sibuk, apakah perhatian Anda untuk anak mulai berkurang? Karena bisa jadi rengekan si kecil ialah sinyal agar Anda lebih memperhatikannya.



↓↓↓ JANGAN LUPA DI LIKE FAN PAGE FACEBOOK DAN FOLLOW TWITTER KAMI ↓↓↓

Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah