Jumat, 28 September 2012

BAYI TIDAK BUTUH TIDUR SIANG LAGI

Bagikan Artikel Ini :
Anak-anak usia balita seringkali mulai sulit untuk diminta tidur siang. Orangtua terkadang khawatir anak menjadi kelelahan jika melewatkan tidur siangnya. Sebenarnya mulai kapan balita tidak lagi perlu tidur di siang hari?

Dokter anak yang khusus mempelajari masalah tidur pada anak, Judith A. Owens, M.D., MPH menjelaskan sebagian besar anak berusia di bawah satu tahun, tidur siang dua kali dalam sehari. Mereka biasanya tidur di pagi dan menjelang sore. Ketika anak mulai berusia 18 bulan, mereka tidak lagi tidur di pagi hari namun masih perlu tidur menjelasng sore agar bisa tetap terjaga untuk makan malam.

Seiring pertambahan usianya anak memang akan sulit untuk tidur siang. Namun menurutnya, lebih dari 50% anak berusia empat tahun masih perlu tidur siang. Dan ketika berusia lima tahun, 70% anak berhenti tidur siang. Tapi tiga dari 10 anak ada juga yang masih merasa perlu tidur siang di usia tersebut.
Seiring pertambahan usianya biasanya lebih sulit diminta tidur siang. Hal itu karena pada usia tersebut anak sedang senang-senangnya mengeksplorasi segala sesuatu di sekelilingnya sehingga dia tidak mau ada yang terlewat atau ketinggalan, meskipun dia lelah.

Bagaimana caranya agar anak tetap mau tidur di siang hari? Berikut ini tipsnya

Ketika anak ada di rumah
Usahakan anak tidur siang di tempat yang sama ketika dia tidur di malam hari. Hal itu karena anak sudah mengasosikan tempat tersebut sebagai tempat untyk tidur, sehingga dia jadi lebih mudah untuk merasa ngantuk.

Cari tahu kapan biasanya anak merasa mengantuk di siang hari
Termasuk ketika dia berusaha menahan kantuknya. Apakah itu setelah makan siang atau satu jam kemudian? Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga punya ritme tidur alami. Perhatikan tanda-tandanya ketika dia mengantuk, misalnya menguap atau mengusap-usap matanya. Buat rutinitas tidur siang yang sama setiap harinya.

Jika anak belum berusia empat tahun tapi sudah tidak mau tidur siang
Tetap usahakan dia punya waktu untuk istirahat. Katakan padanya dia tetap perlu beristirahat setelah makan siang agar nantinya bisa tetap punya energi untuk bermain. Lalu ajak anak membawa mainan atau bukunya ke tempat tidur, lalu tutup gorden kamar agar suasana menjadi lebih temaram. Meskipun anak tidak merasa perlu istirahat, membuatnya ada dalam situasi yang tidak menguras energinya setidaknya satu jam, cukup untuk membuatnya menghemat tenaga.



Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah