Selasa, 13 November 2012

200 MUSEUM DI INDONESIA AKAN MENGGELAR PAMERAN BARENG

Bagikan Artikel Ini :
Apa jadinya kalau 200 museum di Indonesia menggelar pameran bareng?

Beragam artefak langka mulai dari naskah kuno sampai benda prasejarah, tumplek blek di satu tempat.

Ini adalah kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan.

Untuk traveler pecinta wisata sejarah, akhir bulan ini akan diadakan Gelar Museum Nusantara.

Di sana, Anda bisa melihat beragam artefak dari 200 museum di seluruh Indonesia, termasuk naskah asli proklamasi RI. Keren!

"Kita tahu, museum itu harusnya punya makna dan nilai yang besar, tapi tak banyak datang. Oleh karena itu, dalam rangka kaitannya tahun kunjungan museum, kita buat Gelar Museum Nusantara," kata Kasubdit Perlindungan Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud, R Widiyati dalam konferensi pers Gelar Museum Nusantara, di Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Lt 1, Jl Jend Sudirman, Jakarta, Selasa (13/11/2012).



Menurutnya, acara ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi museum sebagai wadah untuk memeroleh ilmu melalui benda-benda bersejarah. Nantinya, Gelar Museum Nusantara akan memamerkan berbagai barang bersejarah yang berasal dari 200 museum di Indonesia.

"Ada 280 museum tersebar di seluruh Indonesia, tapi tak banyak tahu, jadi gelar museum ini akan jadi wadah perwakilan museum di Indonesia," lanjut Widiyati.

Rencananya, Gelar Museum Nusantara akan digelar mulai tanggal 22-25 November 2012. Mengusung tema "Rumah Peradaban Nusantara", pameran ini berlangsung di bawah Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Nanti akan diadakan di Jakarta Convention Center," imbuhnya.

Beragam koleksi dari museum Indonesia akan dipajang. Pameran ini akan dibagikan menjadi 3 bagian, yaitu Kronologis, Perkembangan Museum, dan Ruang Informasi Publikasi.

Di bagian Kronologis, traveler bisa melihat berbagai barang yang ada sejak zaman Prasejarah, kerajaan, dan perjuangan kebangsaan. Di ruang pameran Zaman Prasejarah, Anda akan dihadapkan dengan koleksi masa prasejarah, seperti alat berburu, alat menangkap ikan, fosil, dan lain-lain.

Masuk ke ruang Zaman Kerajaan, berbagai artefak masa perjuangan melawan penjajah dipampang di sini. Pindah ke ruang Zaman Perjuangan Kebangsaan, wisatawan yang datang bisa melihat surat-surat perjanjian dan simbol-simbol perjuangan bangsa.

Dari bagian pertama, kini pindah ke bagian kedua, yaitu ruang Perkembangan Museum. Anda akan disuguhkan dengan perkembangan museum di Indonesia sejak berdirinya museum pertama di Indonesia hingga kini. Masuk ke ruang ketiga, Anda bisa melihat koleksi seluruh museum di Indonesia.

Tak hanya pameran, Gelar Museum Nusantara juga memiliki rangkaian acara menarik seperti talkshow, pemutaran film, dan workshop. Untuk lebih menarik perhatian, Gelar Museum Nusantara juga mengadakan lomba mirip tokoh pahlawan, lomba foto melalui Instagram, dan lomba edukatif.

Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah