Selasa, 01 Januari 2013

PRINTER 3D AKAN DIPRODUKSI SECARA MASSAL

Bagikan Artikel Ini :
Produk hasil mesin cetak 3 dimensi hingga kini bentuknya prototipe. Namun teknologi itu juga dapat digunakan untuk produksi berseri, dan siap untuk merevolusi industri, maupun hakikat produksi dan konsumsi.

Komponen-komponen baru seperti balok penopang berbentuk T dan selubung mekanis tergeletak di tumpukan serbuk. Perusahaan Voxeljet mencetak komponen-komponen itu menggunakan printer 3D atau mesin cetak 3 dimensi.

Di sisi lain gundukan serbuk, sebuah bagian alat pencetak bergerak maju mundur. Alat tersebut dilengkapi kepala ekstrusi seperti umum dijumpai pada printer ink-jet yang menembakkan perekat ke serbuk. Beginilah cara komponen-komponen dibuat menggunakan teknologi 3D: lapisan demi lapisan.

Teknologi untuk mencetak komponen 3D sudah tersedia selama beberapa tahun. Hingga kini, kerap digunakan untuk menghasilkan prototipe yang langka atau mahal oleh departemen riset dan pengembangan perusahaan-perusahaan besar.

Kini teknologi tersebut sudah cukup maju untuk dimanfaatkan lebih jauh, dan semakin marak digunakan untuk produksi berseri. Keunggulan terbesar teknik ini adalah setiap komponen bisa dibuat berbeda-beda, bahkan sebagai bagian dari sebuah seri.

Produksi massal menggunakan mesin cetak komputer siap merevolusi lanskap industri jaman sekarang. Namun untuk membuat semua ini terjadi, tidak hanya kecepatan mesin yang harus diperbaiki. Komponen-komponen masih harus dirakit atau dikerjakan kembali begitu keluar dari mesin cetak, dan para ilmuwan masih berupaya mengembangkan robot khusus untuk itu.
Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah