Selasa, 27 November 2012

PEMPROV DKI JAKARTA AKAN MENGADAKAN PAGELARAN WAYANG ORANG

Bagikan Artikel Ini :
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Arie Budiman mengatakan, pergelaran wayang orang kali ini bertujuan melestarikan seni budaya yang ada di Jakarta.

"Diharapkan pertunjukan ini dapat mengembalikan jatidiri bangsa terutama generasi muda yang mulai terkikis dengan budaya luar yang lebih modern," kata Arie, Selasa (27/11/2012).

Selain sebagai bentuk komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan yang berkembang di DKI Jakarta sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007, dijelaskan Arie, pergelaran kali ini juga merupakan bukti Pemprov DKI Jakarta terhadap khalayak pencinta seni untuk terus melestarikan kesenian Nusantara yang ada di Jakarta.

Menurutnya, butuh pendekatan secara simultan kepada masyarakat agar budaya tradisional kembali melekat, terutama kalangan generasi muda. Terlebih Jakarta tidak seperti daerah lain yang cenderung homogen. Beragam budaya ada di Ibukota. “Budaya luar menjadi tantangan besar. Kita harus berupaya budaya lokasl kita tidak kalah kuat,” tegas Ari.

Sementara itu, dalam pagelaran Wayang Orang tersebut akan melibatkan pemain berpengalaman serta seniman wayang orang yang ternama seperti Lukas Danasmoro sebagai penata musik dan Kadar Soemarsono sebagai penata gending, dengan dalang adalah Nanang Hape yang terkenal mempromosikan wayang melalui media sosial yang telah dibukukan dalam kompilasi tweet berjudul “Wayang Goes Twitter”.

Nantinya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta akan bekerjasama dengan Paguyuban Wayang Orang Bharata dan akan dilaksanakan pada 4-5 Desember 2012.


Jangan Lupa :

Labels

 
© 2013 AKHIRNYA KU TAHU - All Rights Reserved
Desain: DheTemplate.com | Main Blogger | Taru Sun

Template: Makeityourring Diamond Engagement Rings
Proudly powered: Blogger | Google | IDwebhost | Beritambah